AHLI KEBATINAN SOEKARNO, PAK TIKNO SIDIN


PIRCOCO - Pak tikno Sidin, seorang ahli kebatinan kesayangan {reseiden pertama RI, Tak banyak orang yang tahu bahwa selain pandai menggambar, pelukis sketsa terkenal Tino Sidin juga ahli kebatinan. Ia bahkan dipercaya oleh Presiden Sukarno untuk mengumpulkan para ahli kebatinan Jawa guna mendukung gerakan Ganyang Malaysia pada 1964.

»Dia semacam diminta menggalang doa bersama,” kata Mikke Susanto, dosen seni rupa ISI Yogyakarta yang juga kurator Pameran Sketsa bertema: »Ya Bagus. Tino Sidin,” di Gedung Heritage, Bank Indonesia, pada 16-25 November 2012. Selain sketsa yang menggunakan spidol, juga dipamerkan lukisan cat air di atas kertas, dan lukisan cat minyak di atas kanvas, karya Tino Sidin. 

Permintaan Sukarno disampaikan melalui sepucuk surat dari Sekretariat Negara. Dibuat di Istana Negara pada 2 April 1964, surat itu berisikan panggilan sukarelawan.

Salinan surat itu turut dipamerkan dalam pameran »Ya. Bagus. Tino Sidin”. Tino Sidin, kata Mikke, memang memiliki kedekatan dengan Sukarno. Hal itu dibuktikan dengan salah satu karyanya, Pengembala Kambing (dibuat sekitar 1964-1966), yang menjadi koleksi Sukarno.

Kemampuan unik Tino itu dibenarkan oleh anak kelimanya, Panca Takariyati. Sesekali ada saja orang sakit yang datang menemui Tino dan meminta pengobatan. »Sama Bapak diberi minum air putih,” katanya, Kamis 22 November 2012. Dan biasanya sembuh.


Ditulis Oleh : Unknown // 09:58
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda disini ..... !